Tuesday 13 August 2013

Pemeriksaan APAR

Alat Pemadam Api Ringan atau disingakat APAR / Fire Extinguisher adalah alat pemadam api yang digunakan pada saat terjadi kebakaran dalam tahap awal atau api masih kecil / belum membesar, tetapi ketika api sudah besar maka alat pemadam api ringan ( APAR ) ini tidak akan banyak berfungsi.

Sehingga kita harus benar benar mempersiapkan APAR di tempat – tempat tertentu yang memang mempunyai resiko terjadi kebakaran sesuai dengan jenis api yang mungkin timbul misalnya : Disetiap ruangan, disetiap kendaraan dan alat berat, setiap troly Oksigen dan acetylene , ruangan genset dan lain lain.

Untuk menghindari APAR tidak dapat difungsikan / digunakan maka perlu dilakukan pengecekan / pemeriksaan  secara rutin. Kemudian apa saja yang kita periksa dalam pengecekan tersebut……??? , pemeriksaan secara sederhana meliputi hal – hal sebagai berikut :

1.  Periksalah Presure / tekanan dari isi APAR dengan melihat jarum penunjuk apabila jarum penunjuk berada pada range hijau maka itu menunjukkan masih mempunyai tekanan yang full / penuh.

2.   Periksalah kondisi segel pengaman pin lock, jika kondisinya masih bagus / utuh atau sudah rusak / putus, jika sudah putus / rusak maka segera laporkan kepada bagian SHE Departemen atau Maintenance Departemen untuk diganti yang baru.

3.  Periksalah kondisi selang / hose apakah terdapat sumbatan atau tidak, bersihkan segera kotoran – kotoran yang menyumbat.

4. Periksalah Kondisi tabung dan Isinya dengan mengguncang – guncangkan dan membolak – balikkannya agar tidak membeku ( Jika suara saat dibolak – balikkan seperti benda jatuh  maka itu pertanda isinya sudah membeku , bolak – bailkkan terus sampai suara jatuhannya seperti pasir tumpah )

Lakukan pemeriksaan  2 (dua) kali dalam setahun yaitu : pemeriksaan dalam jangka 6 (enam) bulan dan pemeriksaan dalam jangka 12 (dua belas) bulan (Per-04/Men 1980) tentang Syarat-syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan,secara rutin untuk menjaga kondisi APAR anda jika terjadi kebakaran pada Unit / alat atau ruangan anda, sehingga kebakaran yang lebih besar dapat dihindarkan

No comments:

Post a Comment